Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Skin Design:
Free Blogger Skins

Powered by Blogger

Jumat, 13 Maret 2009

DEFINISI GEOGRAFI

Definisi geografi menurut beberapa pendapat dari para ahli, antara lain:
1. Seminar dan lokakarya yang dilaksanakan di Jurusan Geografi, FKIP, IKIP Semarang kerjasama dengan IGI tahun 1988 telah menghasilkan rumusan definisi: Geografi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari perbedaan dan persamaan fenomena geosfer dengan sudut pandang kelingkungan, kewilayahan dalam konteks keruangan.


2. Depdikbud. 1989, menyatakan bahwa:Geografi merupakan suatu ilmu tentang permukaan bumi, iklim, penduduk, flora, fauna, serta hasil yang diperoleh dari bumi.
3. Setiyono, Herioso. 1996, menyatakan bahwa:Geografi merupakan suatu ilmu yang mempelajari hubungan timbal balik antara manusia dengan lingkungannya dan merujuk pada pola persebaran horisontal dipermukaan bumi.
4. Mustofa, Bisri. 2007, menyatakan bahwa:Geografi merupakan ilmu yang menguraikan tentang permukaan bumi, iklim, penduduk, flora, faquna serta basil-basil yang diperoleh dari bumi.
5. Menurut wikipedia :Geografi adalah ilmu tentang lokasi dan variasi keruangan atas fenomena fisik dan manusia di atas permukaan bumi. Kata geografi berasal dari Bahasa Yunani yaitu gĂȘ ("Bumi") dan graphein ("menulis", atau "menjelaskan").
6. Menurut Harstone tokoh geografi Amerika dalam buku pengantar Filssafat geografi,Geografi adalah sebuah ilmu yang menampilkan relitas deferensiasi muka bumi seperti apa adanya,tidak hanya dalam arti perbedaan – perbedaan dalam hal tertentu, tetapi juga dalam arti kombinasi keseluruhan fenomena di setiap tempat, yang berbeda dari keadaanya di tempat lain.
7. Menurut Jhon alexander :
8. Geografi merupakan disiplin ilmu yang menganalisis variasi keruangan dalam veriabel kawasan-kawsandan hubungan antar variabel – variabel keruangan.
9. Lobeck 1939:Gegografi adalah suatu studi tentang hubungan – hubungan yang ada antara kehidupan dengan lingkungan fisiknya.
10. Ferdinand von Richthoven 1833 – 1905:Geografi adalah ilmu yang mempelajari gejala dan sifat pemukaan bumi dan penduduknya, disusun menurut letaknya, menerangkan baik tentang terdapatnya gejala – gejala dan sifat – sifat itu.
11. Claudius Ptolemous Abad ke – 2:Geografi dalah suatu penyajian dengan peta dan sebagian pemukaan bumi yang menunjukkan kenampakan umum yang terdapat padanya

17 komentar:

  1. thank's bnget ini sngat membantu tugas ku

    BalasHapus
  2. Makasih y bang, t, ni bntu bgd, thanx

    BalasHapus
  3. Wah, pas banget lagi butuh nih..
    Izin copas yah ^^

    BalasHapus
  4. thanks kk membantu tugas saya ^^

    BalasHapus
  5. nuhun pisan buat yang udah bikin link ini ya,ngebantu bgt nih... hihihi god bless you all! ^^

    BalasHapus
  6. APRIE NAKZ SMANTHIE29 Juli 2010 01.32

    makasic bangetz yach kak???????????? dengan adanya ini tugas aku bza terselesaikan. THANK'Z FOR ALL

    BalasHapus
  7. makasih banget yah kk...ini sangat membantu tugas saya..

    BalasHapus
  8. gomawo ya... aku cari2 tugas dari tadi baru ketemu disini... ^^ makasih ya..kamshamnida...

    BalasHapus
  9. saya mengatakan: makasih yaa..., buat tugas ni klop

    BalasHapus
  10. Makasih nih infonya kebetulan lagi ada tugas sekolah nih ....

    BalasHapus
  11. than's infonya sngt membantu

    BalasHapus
  12. Gracias,... :D

    BalasHapus
  13. makasih yach....
    infonya ngebantu bangetzzzz,,,,tapi di tambah lagi yach infonya ....:-D


    BY...ERAB

    BalasHapus
  14. . Jhon Alexander
    Geografi merupakan disiplin ilmu yang menganalisis variasi keruangan dalam veriabel kawasan-kawsandan hubungan antar variabel – variabel keruangan.

    BalasHapus
  15. terimakasih . sangat membantu (y)

    BalasHapus
  16. Muthia Pandu Mahardhika2 September 2012 07.24

    thx ya info geografi ny,ngebntu tgas gue bgt..

    BalasHapus

Share it